SELAMAT DATANG DI BLOG PUTRA PARRY...

Minggu, 08 Januari 2012

PERANAN REMAJA MASJID DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK RAMAJA DI KELURAHAN LAKAMBAU KECAMATAN BATAUGA


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Remaja Masjid merupakan suatu sarana untuk mempererat tali silaturohim baik dalam  pergaulan sesama remaja dan juga pergaulan pada Masyarakat. Ikatan Remaja Masjid pada Umumnya memiliki banyak peranan yang diperankan oleh Remaja-remaja yang peduli dan aktif terhadap situasi dan kondisi Masyarakat dilingkungannya khususnya tentang masalah keagaman. Untuk sekarang banyak persoalan-persoalan baru yang muncul di masyarakat sehingga Remaja Masjid Menjadi salah satu organisasi keagamaan yang peranan lebih difokuskan pada bimbingan akhlak remaja di sekitarnya.

Remaja Masjid merupakan suatu organisasi yang memiliki Peranan dalam Masyarakat khusunya Masyarakat di Kelurahan Lakambau, Kecamatan Batauga yang memiliki banyak ragam dan budaya, serta agama Islam yang merupakan agama Yang dianut oleh Masyarakat, supaya bisa menjadi Organisasi yang menunjang Kegiatan-kegiatan masjid baik dalam ataupun luar Masjid. Berawal dari ketertarikan penulis untuk memberikan dedikasinya pada Masyarakat yang difokuskan pada pembinaan akhlak remaja, olehnya penulis sebagai pemuda mengharapkan perubahan untuk remaja Masjid supaya bisa berperan lebih Inovatif dan Kreatif dalam memberikan bimbingan dan melaksanakan Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Remaja Masjid Nurul Fitri Kelurahan Lakambau.
Metode penelitian yang penulis gunakan adalah pendekatan Kualitatif yaitu dengan menggambarkan hasil penelitian dalam kata-kata bukan angkaangka, agar dapat memperoleh data-data yang akurat. Penulis juga melakukan tinjauan langsung ke Ikatan Remaja Masjid Nurul FItri Kelurahan Lakambau kecamatan Batauga, melalukan wawancara, dan analisis data-data melalui dokumentasi, website serta pengamatan langsung di lapangan. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan telah ditemukan beberapa, Peranan Ikatan Remaja Masjid Nurul Fitri yaitu Motivator, Pelayan Masyarakat, Wadah Silaturahim, sebagai Agen perubahan Untuk Masyarakat di lingkungan Masjid, ladang ibadah bagi para remaja. Dan juga memberikan analisis SWOT terhadap REMAS dan hasilnya REMAS untuk saat ini sudah baik namun dengan terbatasnya SDM yang ada belum bisa menjadi yang terbaik buat Masyarakat sekitar, namun bisa menjadi sebuah motivasi bagi REMAS sehingga bisa menjadi lebih Kreatif dan Inovatif dalam melaksanakan Kegiatankegiatannya.


B.    Rumusan Masalah
Dari latar belakang masalah di atas dapat diambil rumusan masalahnya, yaitu: Bagaimana peranan Remaja Masjid Nurul Fitri Kelurahan Lakambau dalam membimbing remaja sekitar dalam pembinaan akhlak.

C.   Batasan Masalah
Dalam pembahasan daraf proposal skirpsi ini dalam beberapa hal diantaranya :
1.    Remaja mesjid sebagai organisasi kepemudaan yang berbasis keagamaan.
2.    Peran remaja masjid (remas) dalam masyarakat.
3.    Pengaruh remaja masjised terhadap pemuda/remaja sekitar.

D.   Metode Penelitian

Dalam penulisan daraf proposal penulis mengguganakan beberapa metode penelitian antaranya :
1.    Penelitian Kualitatif
Penggunaan metode penelitian ini, adalah dengan menggunakan studi pustaka.
2.    Penelitian Kuantitatif
Penggunaannya pada pada penelitian ini dengan mengguganakan penelitian experiment yang difokuskan pada penelitian lapangan, yakni penggunaan angket dan wawancara.

E.    Metode Pengumpulan Data
1.    Populasi
2.    Sampel
F.    Tujuan Penelitian
Tujuan pembahasan draf proposal ini adalah :
1.    Untuk mengetahui seberapa besar pengeruh remaja masjid sebagai organisasi kepemudaan yang bergerak di bidang keagamaan dalam pembinaan akhlak remaja/pemuda sekitar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar